200 Lebih JCH Pamekasan Menderita Resti

200 Lebih JCH Pamekasan Menderita Resti

Suramadupost.com -- Sebanyak 200 lebih Jemaah Calon Haji (JCH) di Pamekasan dinilai masuk kategori resiko tinggi (Resti) karena menderita penyakit. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Dinas kesehatan Pamekasan, Ali Maksum.

Menurut Ali Maksum, dari 757 JCH yang telah memeriksakan kesehatannya di puskesmas, diketahui ada 205 orang terdeteksi memiliki penyakit risiko tinggi, rata-rata karena faktor usia. Yaitu, usia 50 tahun ke atas.

“Pemeriksaan calon jemaah haji tahap pertama, kami laksakan pada Desember 2018 hingga Februari 2019. Penyakit yang diderita ratusan CJH bermacam-macam, misalnya, hipertensi, kencing manis, dan kolesterol tinggi,” kata Ali Maksum dikutip dari Koranmadura.com, Senin (1/4).

Pelaksana tugas (Plt) Kapala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Pamekasan ini JCH yang terdapat penyakit untuk menjaga kesehatan dan juga pola makan, sehingga kesehatan tidak terganggu saat melaksanakan ibadah haji.

“Pemeriksaan kesehatan CJH gratis, karena biaya pemeriksaan tersebut telah dianggarkan Pemkab Pamekasan yang sudah termasuk saat CJH menuju embarkasi dan tiba kembali di Pamekasan,” katanya. (ALI SYAHRONI/ROS/VEM)

Dipost Oleh Donay Leandro

Post Terkait

Tinggalkan Komentar