Kepala Bapelitbangda Sebut Angka Kemiskinan Di Sampang Masih Tinggi

Kepala Bapelitbangda Sebut Angka Kemiskinan Di Sampang Masih Tinggi

Ilustrasi : rakyat miskin di Sampang (Abd. Aziz/Antarajatim)

Suramadupost.com --- Jumlah warga miskin di wilayah Sampang, Madura, Jawa Timur disebutkan masih menempati angka tertinggi dibandingkan daerah lainnya di Jawa Timur. Demikian hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Sosial dan Budaya Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Sampang, Sutrisno.

“Penduduk warga miskin di daerahnya mencapai 225.13 orang yang tersebar di 14 Kecamatan di Kabupaten Sampang, masih menempati angka tertinggi se Jatim,” katanya, Kamis (20/12).

Menurutnya, upaya pemerintah saat ini terus dilakukan untuk menurunkan jumlah kemiskinan. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Sampang, mencapai 5,29 persen.

Sutrisno menambahkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan masih tingginya angka kemiskinan di Sampang, diantaranya, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan sarana infratsruktur yang kurang memadai. Meskipun masih tinggi, namun juga mengalami penurunan sebanyak 2,35 persen.

“Meskipun tertinggi, jumlah penurunannya sangat pesat sekali, hal ini disebabkan oleh faktor program Pemkab untuk mengentaskan kemiskinan,” jelasnya.

Selain itu juga Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansyah pernah menyampaikan, bahwa Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur masuk kategori termiskin di Jatim.

“Posisi Sampang adalah masuk pada Kabupaten termiskin nomor satu se-Jawa Timur,” terangnya saat hadir di Poltera Sampang.

Untuk itu, pihaknya mengajak semua pihak terutama dengan Pemerintah setempat, bersama-sama mencari solusi untuk mengentaskan kemiskinan yang dialami warga Sampang.

Khofifah mengaku mengemban tanggung jawab besar guna memperbaiki Kepulauan Madura, khususnya di wilayah Sampang.

“Kami merasa memiliki tantangan dan tanggung jawab untuk memperbaiki Sampang ke depan dalam jangka panjang,” pungkasnya.

Sumber: mediamadura.com

Dipost Oleh Donay Leandro

Post Terkait

Tinggalkan Komentar