KPU Bangkalan Coret Satu Partai Politik Dari Keikutsertaan Pemilu 2019

KPU Bangkalan Coret Satu Partai Politik Dari Keikutsertaan Pemilu 2019

Suramadupost.com --- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur memastikan telah mencoret satu partai politik dari keikutsertaan dalam Pemilu Legistlatif 2019. Parpol yang di coret itu, adalah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Pencoretan itu dilakukan KPU Bangkalan karena PKPI setempat tidak menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) hingga batas waktu 10 Maret 2019.

“Jadi begini, bagi partai politik yang tidak menyetor LADK konsekuensinya dicoret dari keikutsertaan Pemilu,” terang Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan, Moch Fauzan Jakfar, Rabu (27/3).

Langkah ini diambil KPU berdasarkan Pasal 334 ayat (2) Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang kewajiban partai politik peserta pemilu tingkat pusat, tingkat provinsi, dan tingkat kabupaten/kota untuk melaporkan dana awal kampanye Pemilu kepada penyelenggara Pemilu paling lambat 14 hari sebelum hari pertama jadwal kampanye rapat umum.

Jika aturan tersebut tidak diindahkan, maka mengacu pada pasal berikutnya, 338 ayat (1) UU Pemilu, partai politik akan dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai peserta pemilu pada wilayah yang bersangkutan.

KPU RI sudah mengeluarkan SK terkait pencoretan parpol yang tidak menyetorkan LADK.

“Untuk di Bangkalan yang dicoret hanya satu partai yaitu PKPI,” tegasnya.

Pihaknya menjelaskan, PKPI di Bangkalan belum memiliki kepengurusan atau struktur lengkap.

“Yang ada itu hanya Ketua sama sekretarisnya. Itupun masih mencalonkan dari partai politik lain. Makanya tidak menyetorkan LADK,” pungkasnya.(Imron/Putri)

Sumber: Portalmadura.com

Dipost Oleh Donay Leandro

Post Terkait

Tinggalkan Komentar