Langgar Kode Etik Kepolisian, Anggota Polres Sampang Dipecat

Langgar Kode Etik Kepolisian, Anggota Polres Sampang Dipecat

Suramadupost.com – Salah seorang anggota Polres Sampang, Madura, Jawa Timur, Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu), Hariono, dipecat dengan Tidak Dengan Hormat dari kesatuannya. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Kapolres Sampang, AKBP Budi Wardiman di Mapolres Sampang,  Kamis (31/5).

AKBP Budi Wardiman mengungkapkan, pemecatan secara tidak hormat ini karena yang bersangkutan terbukti melanggar kode etik profesi Kepolisian Republik Indonesia.

“Pelanggaran berat yang dilakukan oleh anggota meninggalkan wilayah tugas tanpa izin resmi dari pimpinan lebih dari 30 hari berturut-turut,” terangnya dinukil dari portalmadura.com.

Apa yang dilakukan oleh Harino itu, melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 01 tahun 2003 pasal 14 ayat 1 huruf (a), pasal 21 ayat 3 huruf e Peraturan Kapolri Nomor 14 tahun 2011.

“Jadi, dilakukan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat karena meninggalkan tugasnya di tahun 2016,” tambah AKBP Budi Wardiman.

AKBP Budi Wardiman menjelaskan, keputusan pemecatan ini sudah dilakukan proses sesuai mekanisme sejak tahun 2016. Melalui proses pemeriksaan, pemberhentian hingga penyampaian Surat Keputusan (SK) pemberhentian.

“Baik dari pemeriksaan, dan beberapa kali pembinaan. Namun, yang bersangkutan tidak berubah menjadi baik, dan diputuskan pemberhentian tidak dengan hormat,” tegasnya..

Dipost Oleh Donay Leandro

Post Terkait

Tinggalkan Komentar