PERINGATI HARI SANTRI NASIONAL, PCNU SUMENEP GELAR ISTIGHOSAH KUBRO

PERINGATI HARI SANTRI NASIONAL, PCNU SUMENEP GELAR ISTIGHOSAH KUBRO

SURAMADUPOST.com - SUMENEP – Ribuan santri, ulama, dan umat Islam di Sumenep, Madura, Jawa Timur memperingati hari santri nasional di lapangan Gor A. Yani, Minggu (22/10/ 2017).

Upacara hari santri yang digelar oleh PC NU Sumenep tahun ini bertema “Meneguhkan Peran Santri dalam Bela Negara Menjaga Pancasila dan NKRI” yang diisi dengan istighotsah kubro.

Ketua PC NU Sumenep, KH. Pandji Taufiq mengatakan dalam sambutannya, bahwa keluarga besar Nahdlatul Ulama dan seluruh rakyat Indonesia memperingati hari santri kali ini merupakan tahun ketiga. 

“Ini merupakan bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam memperjuangkan, merebut, mengawal, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan. Pengakuan terhadap kiprah ulama dan santri tidak lepas dari resolusi jihad yang dikumandangkan hadratus syekh KH. Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945 di hadapan konsul-konsul nahdlatul ulama seluruh Jawa dan Madura,” katanya.

Dia menambahkan, bahwa kiprah santri teruji dalam mengokohkan pilar-pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila yang bersendika Bhinneka Tunggal Ika. Santri berdiri di garda depan membentengi NKRI ini dari berbagai ancaman.

“Berperan menolak penjajah itu fardu ‘ain yang harus dikerjakan oleh semua orang islam,” tambahnya.

Dalam acara ini, tampak hadir Bupati Sumenep, A Busyro Karim dan sejumlah kiai dari berbagai pesantren, seperti, KH. Fayad AS KH. Taifur Ali Wafa, KH. Taufiqurrahman FM,  dan KH. Amir Supyan.

Reporter : MF

Dipost Oleh Masdukil Makruf

test

Post Terkait

Tinggalkan Komentar