Sampang DIguncang Gempa Magnitudo 3.0, Tidak Timbulkan Getaran

Sampang DIguncang Gempa Magnitudo 3.0, Tidak Timbulkan Getaran

Suramadupost.com --- BMKG-TRT mengkonfirmasi gempa berkekuatan magnitudo 3.0 telah mengguncang Sampang, Madura, Jawa Timur, pada Rabu (2/1/2019). Informasi gempa tersebut bahkan sudah tersebar luas di sejumlah grup WhatsApp.

Gempa berpusat di 7.14 Lintang Selatan dan 113.01 Bujur Timur atau 26 km Barat Laut Sampang, dengan kedalaman 16 km.

“Saya juga dapat informasi serupa, tapi dari tadi malam hingga siang tadi belum merasakan getaran apapun,” tutur Tajul Mafahir, warga Desa Sreseh kepada koranmadura.com.

Hal yang sama juga disampaikan Mudzakir, dirinya juga baru mengetahui adanya informasi gempa tersebut dari grup WhatsApp.

“Semoga tidak tidak terjadi apa-apa. Dan apabila ada informasi potensi gempa atau tsunami, kami berharap pemerintah segera menginformasikannya secara dini, agar masyatakat pesisir sreseh bisa waspada dan mempersiapkan diri,” ujarnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang, Anang Joenaidi membenarkan bahwa wilayah Kabupaten Sampang tepatnya di wilayah Kecamatan Sreseh terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo 3.0.

Namun demikian, gempa tersebut tidak menimbulkan getaran hingga kerusakan.

“Iya benar tadi pukul 09.09 wib terjadi gempa di Sreseh. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak camat setempat, bahwa gempa tersebut tidak menimbulkan getaran apapaun yang dirasakan masyarakat. Gempa terjadi selama lima detik saja,” tuturnya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat agar tidak merasa panik, sebab setelah berkoordinasi dengan BMKG Juanda, untuk beberapa saat ke depan belum ada informasi lanjutan apakah akan ada gempa susulan atau tidak.

“Sementara dari BMKG belum ada informasi lanjutan terkait gempa susulan. Kebanyakan gempa terjadi di wilayah timur seperti Irian, NTT dan NTB,” pungkasnya. (MUHLIS/ROS/DIK)

Sumber: koranmadura.com

Dipost Oleh Donay Leandro

Post Terkait

Tinggalkan Komentar